Pages

Definisi pada Basis Data

Entitas
Entitas atau Entity adalah orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya akan direkam.
Contoh:
Pada bidang Kepegawaian, Entitasnya adalah Pegawai, Gaji, Riwayat Pendidikan dan lain-lain.

Atribute
Atribute atau sebutan digunakan untuk mewakili suatu entitas. Atribute juga sering disebut dengan data elemen, data field dan data Item.
Contoh:
Seorang Pegawai (Entitas) dapat dilihat dari atribut-nya, NIP(No.Induk Pegawai), Nama Pegawai, Golongan, Alamat, dan kota.


Data Value
Nilai atau isi Data (Data Value) adalah data aktual atau informasi yang disimpan pada tiap data elemen (Atribute).
Contoh:
Atribute “Nama Pegawai” menunjukkan dimana informasi nama pegawai disimpan, sedang nilai datanya adalah Yayat Supriyatna, Samrino, Vicky RN, dan Satya Ginanjar.

Field
Merupakan tempat dimana data atau informasi diletakan dalam tabel yang memiliki nilai atau tipe data yang sama atau sejenis.
Misal:
NIP, NAMA PEGAWAI, GOLONGAN, ALAMAT, KOTA

Record
Merupakan data lengkap dalam jumlah tunggal yang biasanya tersimpan dalam bentuk baris secara horizontal pada tabel.
Misal:
CTI-0001, Muhamad Taufiq, 1, Komp.Margahayu, Bandung.


Tables
berupa kumpulan data yang merupakan komponen utama dari sebuah basis data dan merupakan representasi dari Entitas.

Primary Key
Primary Key (Kunci Primer) merupakan suatu atribute atau satu set minimal atribute yang tidak hanya mengidentifikasi secara unik suatu kejadian spesifik, tetapi juga mewakili setiap kejadian dari suatu entitas.
Primary key dipilih berdasrkan kemampuan atribute dalam mewakili data secara menyeluiruh terhadap entitas yang ada.
Contoh:
No.Induk Pegawai (NIP) ditetapkan sebagai Primary Key dari Entitas Pegawai. Karena NIP tiap pegawai bersifat UNIK dan tidak mungkin ganda serta mewakili secara menyeluruh terhadap Entitas Pegawai dan setiap pegawai pasti memiliki nomor induk.

Foreign Key
Foriegn Key (Kunci Tamu) merupakan suatu atribute (atau satu set atribute) yang melengkapi satu relasi (relationship) yang menunjukkan atau mengacu kepada suatu data atau Entitas utama (primer). Foreign Key ditempatkan sebagai Entitas Anak dan sama dengan Primary Key pada Entitas Utama. Hubungan antara kedua Entitas tersebut (Entitas Utama dan Entitas Anak disebut dengan istilah relasi).
Contoh:

Queries digunakan untuk mencari dan menampilkan data yang memenuhi syarat tertentu dari satu tabel atau lebih.

Query
dapat juga digunakan untuk mengupdate atau menghapus beberapa record data pada satu saat yang sama. Selain itu, query dapat digunakan untuk menjalankan perhitungan terhadap sekelompok data. Sebuah query dapat memiliki sumber data sampai dengan 16 tabel, dapat memiliki sampai 255 field yang berbeda.

Forms
Dipergunakan untuk menampilkan data, mengisi data dan mengubah data yang ada di dalam tabel. Ketika anda membuka form, basis data mengambil data dari satu tabel atau lebih dan menampilkannya ke layar monitor menggunakan layout yang anda buat melalui Form Wizard atau dari layout yang anda rancang sendiri.

Reports
Dipergunakan untuk menampilkan laporan hasil analisa data. Anda dapat mencetak sebuah report (laporan) yang telah dikelompokkan, dihitung subtotal atau total datanya berdasarkan kriteria tertentu. Anda juga dapat membuat report (laporan) yang berisi grafik atau label data.

0 komentar: