Pages

Tips Web Design

Batasan-batasan yang menghambat desain web
Desain web yang kreatif lahir dari serangkaian batasan-batasan yang diciptakan oleh dunia web sendiri. Wawasan akan batasan-batasan tersebut sangat penting artinya bagi desain. Contoh batasan-batasan tersebut misalnya:
Platform user yang beragam:
· Komputer Mac menampilkan huruf lebih kecil dari PC
· PC mempunyai font defaul yang berbeda denga Mac
· Unix dengan X windowsnya tidak mempunyai font default.
Browser user yang beragam:
· Netscape menguasai JavaScript, Microsoft selalu satu langkah tertinggal.
· Microsoft mempunyai Jscript dan VBScript dan ActiveX, semuanya tidak berjalan di Netscape
· Tidak ada browser satu pun yang menguasai Java
· Microsoft tidak mengharuskan menggunakan penutup pada kebanyakan tag HTML. Netscape mengharuskannya.
· Penerapan CSS yang berbeda oleh Microsoft dan Netscape,
Masalah lain bakal berdatangan, karena tidak hanya 2 browser tersebut yang saat ini digunakan, masih banyak browser lain seperti Opera, WebTV, dan Lynx yang text based
Batasan tersebut memaksa Desainer untuk mengambil jalan pintas: Membuat banyak versi yang berbedai untuk masing-masing Platform, Browser dan Audience (misalnya untuk manula yang susah membaca huruf2 kecil)
Web desain adalah bisnis yang bisa membuat frustasi, sehingga wajar bila mereka (desainer) dibayar mahal untuk itu.
Di luar itu semua satu keunggulan media komputer dalam berkarya adalah:
Saat anda mendesain web, apa yang anda kerjakan tidak pernah dianggap selesai, anda selalu dapat menambah, mengkoreksi, menyempurnakan hasil karya anda, selalu koreksi desain anda, karena itulah salah satu keunggulan web dibandingkan media cetak atau lainnya, kemudahan untuk mengkoreksi karya anda.
Desain Web yang Bandwidth Friendly
Hukum Moore mengatakan, teknologi komputer berkembang 2 kali lebih cepat dan akan berkurang setengah harga setiap 18 bulan. Namun Hukum tersebut tidak berlaku pada kecepatan koneksi. Makin banyak komputer yang dipakai, juga banyak bandwidth yang terpakai.
Batasan melahirkan kreativitas. Banyak desainer yang terhambat oleh batasan bandwidth namun itu semua malah membuat mereka berkarya lebih baik. Anda juga bisa melakukan banyak hal dengan sedikit bytes. Anda bakal kaget dengan apa yang bisa dilakukan hanya dengan table-table berwarna.
Review :
  1. Buat sesederhana mungkin. Desain yang baik terletak pada kesederhanaannya. Define the essence.
  2. Aesthetic Consideration paling penting adalah masalah kecepatan transmisi / Bandwidth. Bila terlalu sulit untuk didownload. Kembali ke tahap desain.
  3. Anda hanya memiliki 9 detik untuk meyakinkan user untuk tidak menggunakan tombol Back. 3 detik. Jadi, tampilkan sesuatu di monitor sebelum 9 detik tersebut. Dan buat semenarik mungkin
  4. Jangan gunakan font yang menurut anda bagus, tapi tidak banyak dipakai di komputer lain.
  5. Coba maksimalkan desain anda dengan “HTML” atau “CSS”, sebelum menggunakan “GIF”. Artinya, gunakan image sebagai usaha terakhir mengatasi;
  6. Problem, doktrin utama desain apapun, tidak hanya desain web, adalah tentang Problem solving : Jabarkan problemnya dan anda sudah mengerjakan setengah dari tugas anda.

0 komentar: