Pages

PHP

Teknologi Berbasis Web

PHP Sebagai server-side embedded scripting language

Dalam perkembangannya yang sangat cepat, internet dan intranet kini digunakan untuk keperluan aplikasi-aplikasi, yang juga melibatkan database. Aplikasi yang disuguhkan berupa informasi data yang sesuai dengan berubahnya database atau sesuai dengan permintaan dari user. Berangkat dari kebutuhan sebuah situs web yang dinamis tersebut, dikembangkanlah PHP (akronim dari PHP Hypertext Preprocessor) yang merupakan bahasa pemrogramman berbasis web yang memiliki kemampuan untuk memproses data dinamis.

PHP dikatakan sebagai sebuah server-side embedded script language artinya sintaks-sintaks dan perintah yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan oleh server tetapi disertakan pada halaman HTML biasa. Aplikasi-aplikasi yang dibangun oleh PHP pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser, tetapi prosesnya secara keseluruhan dijalankan di server.

Prinsip Kerja Server-side script language

Pada prinsipnya server akan bekerja apabila ada permintaan dari client. Dalam hal ini client menggunakan kode-kode PHP untuk mengirimkan permintaan ke server (dapat dilihat pada gambar 1). Ketika menggunakan PHP sebagai server-side embedded script language maka server akan melakukan hal-hal sebagai berikut :

q Membaca permintaan dari client/browser

q Mencari halaman/page di server

q Melakukan instruksi yang diberikan oleh PHP untuk melakukan modifikasi pada halaman/page.

q Mengirim kembali halaman tersebut kepada client melalui internet atau intranet.

Keuntungan Server-side processing

Server-side processing dan pembuatan halaman web memberikan beberapa keuntungan dibanding dengan teknologi client-side, diantaranya adalah :

q Meminimalisasikan network traffic dengan membatasi komunikasi antara browser dengan server.

q Membuat waktu loading lebih cepat, ketika mendownload sebuah halaman HTML karena yang akan tampil adalah hasilnya saja.

q Menghindari masalah kompatibilitas browser.

q Dapat memperoleh data client yang tidak terletak di client.

q Meningkatkan keamanan, ketika kita mengkodekan sesuatu yang tidak akan pernah dapat dilihat dari browser.

0 komentar: